Minggu, 23 Juni 2013

Penjelasan Kode Firmware Blackberry

Kode Firmware Blackberry

OS adalah Operating System di BlackBerry, sepertinya Windows di PC atau MacOS di Mac, Android atau iOS di Apple. Khusus BlackBerry, RIM sering mengeluarkan update OS system buat perangkat handheld BlackBerry. Karena cara kerja BlackBerry agak beda dengan smartphone lainnya, RIM selalu keluar handheld bundle dengan operator, maka OS juga di rilis dengan operator. Walaupun begitu, user BlackBerry dari operator lainnya tetap bisa menggunakan OS tersebut dengan hapus file vendor.xml sebelum instal yang berisi data operator.
Yang perlu di perhatikan adalah, OS BlackBerry di keluarkan untuk setiap jenis BlackBerry, jadi anda harus download jenis OS sesuai dengan model/jenis BlackBerry anda.
Berikut adalah contoh format OS BlackBerry yang tersedia di website operator BlackBerry dan anda bisa melihat kode-kode seperti berikut:
9320jAllLang_PBr7.1.0_rel1647_PL9.49.0.47_A7.1.0.523_AIS_Thailand
Arti dari link download atau kode OS BlackBerry tersebut adalah:
1. 9320, merupakan tipe BlackBerry handset OS ini tujukan. OS ini tidak bisa digunakan untuk tipe BlackBerry lainnya.
2.jAllLang, merupakan kode bahasa yang terdapat di dalam OS tersebut. AllLang, maksudnya Semua Bahasa
3. PBr7.1.0, merupakan tipe OS tersebut, dalam hal contoh di atas tipe OS nya adalah 7.1
4. rel1647, merupakan kode rilis (rel = release) dari OS tersebut.
5. PL9.49.0.47, merupakan kode platform dari OS tersebut.
6. A7.1.0.523, merupakan app version dari OS tersebut, dalam hal contoh di atas adalah OS7.1 versi 523.
7. AIS_Thailand, merupakan nama operator yang mana OS tersebut ditujukan untuk mengupgrade perangkat yang menggunakan operator tersebut (bisa diinstall ke handheld yang menggunakan operator lain bila vendor.xml dihapus ).
Dari poin-poin di atas untuk poin ke-2 sering kita temui beberapa macam kode bahasa seperti: AllLang, Asia, East_Asia, dll.
Berikut penjelasan untuk kode bahasa:
1. M, artinya Multi Language (multi bahasa), biasanya tidak support CJK (Chinese, Japanese, korean) sama sekali karena SFInya paling kecil daripada versi OS AllLang, Asia, dsb.
2. AllLang, artinya: All Language (semua bahasa), kadang ada CJK kadang juga tidak tapi biasanya kalau ada CJKnya tidak support Japanese.
3. jAllLang, artinya japanese All Language, sama seperti AllLang tapi support Japanese.
4. Asia, biasanya ini hanya memuat bahasa standar (kurang lengkap daripada AllLang) dan Asia. Tapi biasanya tidak support Japanese.
5. jAsia, artinya japanese Asia, sama seperti Asia tapi support Japanese.
6. EastAsia, artinya Asia Timur, bahasa yang ditampilkan kalau Asia hanya sekitaran Asia Timur, tidak selengkap Asia tapi support Japanese.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar